Tips Ampuh Buat Anak berani Tidur Sendiri

Membiasakan sebuah kebiasaan pada anak bukanlah sebuah hal yang mudah, contohnya seperti tidur dikamarnya sendiri. Banyak orang tua yang menunda melatih kebiasaan tidur dikamar anak sendiri terpisah dari orang tua dan kesulitan menghadapi masalah tidur anak setelah agak besar. Jadi, tidak pernah terlalu cepat untuk membiasakan anak untuk belajar mandiri dan tidur dikamarnya sendiri.

Anak berani Tidur Sendiri

Kiat Ampuh Membiasakan Anak Berani Tidur Sendiri

Bagaimana anak bisa berani menghadapi situasi tertentu kalau tidak dibimbing oleh orang tuanya. Tentu tidur dikamar sendiri bisa dilakukan dengan beberapa langkah kecil dan tidak harus berharap terjadi dengan sekejap mata. Orang tua juga harus bisa bersabar dan terus menerus mendisiplinkan anaknya sehingga kebiasaan tersebut tertanam dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah.

1. Memuji Anak

Walau tiap anak berkembang dengan cara yang berbeda dan waktu yang tidak sama. Secara psikologis Anak bisa mulai tidur terpisah sejak usia 3 tahun. dengan memberikan pujian tentang pencapaiannya selama ini seperti lepas pampers, dapat berjalan dan makan sendiri maka lanjutkan dengan mencoba tidur sendiri. Dengan merasa dihargai oleh orang tuanya tentu anak jadi semakin ingin tidur sendiri.

2. Mendesain Kamar Anak Bersama

Libatkan sang buah hati ketika membuat rencana kamar tidurnya. Gunakan cat warna sesuai warna kesukaannya, tambah dekorasi dengan menempel wallpaper dinding kamar anak yang dia sukai dan tata ruangan sesuai keinginanya. Bila anak menyukai kamarnya sendiri maka ia juga akan menyukai ide untuk tidur sendiri dikamarnya tersebut.

Kini wallpaper kamar anak di Greenwall.co.id sangat murah dengan berbagai macam gambar dan harga yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan terutama pada si anak yang akan menempati ruangan tersebut.

3. Pencahayaan yang Baik

Kamar yang nyaman selain dirancang sesuai keinginan sang anak yang akan menempatinya juga harus memperhatikan segi penerangan. Sinar matahari pagi yang bisa leluasa masuk akan memberikan penghangat alami yang dibutuhkan untuk kebersihan ruangan dan juga kesehatan penghuninya. Pastikan juga kala akan tidur ditempatkan lampu duduk yang dinyalakan dimalam hari untuk menjadi dekorasi cantik untuk menemani anak tertidur

4. Proses Jangka Panjang

Mengharapkan anak bisa dengan mudah tidur sendiri berbeda pada tiap anak. Untuk yang terbiasa akhirnya tentu tidak jadi masalah bila ditinggal sendirian di rumah. Namun untuk latihan sebaiknya tidak berharap terlalu muluk. Bisa dimulai dengan menemani anak tidur, masih memperbolehkan anak pindah tidur dan membiasakan membaca buku cerita kegemarannya. Jangan anggap membiasakan tidur sendiri ini sepele karena prosesnya tidak pernah sama pada tiap anak.

5. Sirkulasi Udara Yang Optimal 

Apa yang membuat orang betah berlama-lama dalam ruangan? Karena nyaman dan tidak menyesakkan. jadi pastikan ada sirkulasi yang baik untuk ruang tidur anak-anak. Terutama dikamar mereka. Sebagai bantuan bisa menggunakan AC atau kipas dan memberikan tambahan udara pada ruangan.

6. Boneka Untuk menemani

Bila anak masih takut tidur sendiri, coba berikan boneka untuk menemaninya tidur. Walaupun terdengar kekanak-kanakan namun sugesti positif yang akan membuat anak merasa aman kala tidur sendiri dapat dilakukan sebagai salah satu cara menimbulkan keberanian nantinya.

7. Pastikan perutnya kenyang

Pada umumnya orang tidak bisa tidur kalau baru saja selesai makan. Berilah jeda dari waktu makan dan tidur sehingga anak terbiasa dan bisa melakukannya sendiri nantinya. Kalau tidak kelaparan tentu anak akan dengan lebih mudah tertidur pulas tanpa ada gangguan.

Mulai dari kata-kata menenangkan, kondisi fisik serta faktor hiburan semua bisa diterapkan untuk membuat anak betah berlama-lama berada dikamarnya sendiri. anak bisa dilibatkan dalam memilih wallpaper kamar anak, cat dinding dan bahkan perabotan agar sesuai seleranya dan bisa belajar tidur sendiri ditempat yang ia sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *