5 Material Partisi Geser yang Paling Banyak Dicari

Material Partisi Geser

Begitu banyak ruang yang harus dibuat dalam sebuah gedung atau rumah membuat sekat yang dipilih harus tepat. Movable partition adalah sebuah pilihan sekat ruang terbaik daripada harus menggunakan dinding batu bata atau beton. Alasan utamanya adalah karena harga lebih murah, disamping itu juga lebih praktis karena mudah digunakan.

Pada ruangan yang sempit, partisi geser bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan. Misalnya saja untuk ruang kantor, maka partisi akan menjadi sekat untuk ruang kerja atau ruang meeting. Pemilihan partisi yang tepat akan membuat ruangan menjadi lebih menarik, mengingat desain partisi sangat bervariasi. Apabila Anda berminat menggunakan movable partition maka pilihlah dari jenis materialnya.

Macam-Macam Bahan Partisi Geser

Material Partisi Geser

Ada begitu banyak bahan yang digunakan untuk membuat partisi geser. Dari banyaknya jenis ini, Anda harus memilih bahan yang tepat. Jika tidak, partisi tidak akan sesuai dengan fungsinya. Contohnya Anda menggunakan partisi dari kayu jati pada ruang kantor yang sering diubah menjadi tempat meeting. Maka kesulitan akan terjadi, karena partisi kayu jati begitu berat untuk dipindahkan. Hal-hal seperti itulah yang harus diperhatikan, nah apa saja kira-kira bahan movable partition yang bisa Anda pilih? Berikut ini macam-macamnya:

  • Aluminium Kaca

Material Partisi Geser

Bahan pertama yang biasanya digunakan pada sebuah rumah adalah aluminium kaca. Fungsinya adalah agar ruangan terlihat lebih luas daripada biasanya. Ditambah lagi desain ruangan akan menjadi lebih mewah karena material ini. Aluminium digunakan sebagai frame sehingga kaca mudah untuk dipindahkan. Jika ingin menggunakan partisi aluminium kaca maka bersiaplah dengan biaya yang lebih mahal. Karena kaca yang digunakan biasanya adalah kaca tempered yang harganya lebih mahal tetapi sangat kuat.

  • Kayu

Material Partisi Geser

Kayu adalah jenis material partisi yang pertama kali digunakan oleh manusia. Ada beragam jenis kayu seperti kayu jati, kayu mahoni, atau kayu jati belanda. Partisi yang terbuat dari kayu jati biasanya diukir dan paling banyak dihasilkan di Kota Jepara. Keuntungan dari bahan ini adalah memiliki tampilannya yang hangat. Anda bisa melakukan finishing dengan warna natural atau solid. Partisi akan memberikan kesan alami di dalam ruangan. Namun perawatannya cukup repot karena kayu bahan yang mudah ditumbuhi jamur.

  • Gypsum

Bukan hanya untuk material plafon saja, gypsum juga sering digunakan sebagai material partisi geser pada ruang kantor. Keunggulan dari material ini adalah ketahanannya terhadap api sehingga ruangan tetap aman. Kelemahannya adalah bahan ini tidak tahan terhadap air. Jika terlalu sering terkena air akan mudah untuk berjamur kemudian lapuk. Jika menggunakan partisi geser dari gypsum akan lebih mudah membongkar pasang karena cukup ringan.

  • Fiber

Sebagai material partisi geser, inilah yang paling banyak digunakan di antara kaca, kayu dan juga gypsum. Alasannya adalah fiber sangat ringan dan memiliki desain yang beraneka ragam. Partisi dari fiber memiliki warna yang berbagai dan desain yang sangat unik. Oleh karena itu begitu banyak kantor yang memanfaatkan movable partition dari bahan ini. Ditambah lagi fiber adalah material yang sangat murah. Tidak perlu biaya banyak untuk menggunakannya sebagai sekat ruangan.

  • Bambu

Sama seperti kayu, bambu adalah material serat alam. Bambu banyak digunakan karena cenderung lebih ringan daripada kayu. Bambu paling banyak digunakan sebagai partisi rumah yang memisahkan ruang keluarga dengan ruang tamu. Keindangan dari bambu juga seringkali dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan. Jadi partisi geser juga berfungsi untuk menghias ruangan dengan beberapa tambahan ornamen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *