Alasan Kaca Temperede Menjadi Jenis Kaca yang Sering Digunakan di Rumah

Jenis Kaca yang Sering Digunakan di Rumah

Kaca merupakan material bangunan yang ada di hampir setiap elemen eksterior maupun interior. Demikian, karena kaca memiliki peran yang cukup penting dalam kebutuhan suatu bangunan sebagai sirkulasi cahaya, sehingga tanpa lampu pun bangunan akan tetap terang dan terhindar dari kelembapan. Selain itu, kaca yang biasa digunakan pada pintu, jendela, dan meja dapat memberikan sentuhan estetika yang menawan.

Selain kenyamanan yang harus ada pada sebuah bangunan, tentu keamanan menjadi pilihan dasar sebelum itu. Maka, pemilihan material pun harus menjadi sorotan serius agar keamanan ketika menempati suatu bangunan tetap terjamin. Mengingat sifat kaca yang mudah pecah ataupun retak, sebaiknya perhatikan dan pilih material kaca yang terbaik dan kuat.

Salah satu jenis kaca yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk diaplikasikan pada suatu bangunan, seperti, rumah, apartemen, kantor, dan lainnya, adalah kaca tempered. Jenis kaca yang termasuk ke dalam kategori safety glass, karena memiliki tingkat keamanan yang tinggi terhadap pecah ataupun retak.

Jenis Kaca yang Sering Digunakan di Rumah

6 Alasan Kaca Jenis Tempered Sering digunakan Pada Bangunan Rumah

1. Kaca dengan Material Kuat dan Tahan Lama

Kaca tempered memiliki daya tahan sampai lima kali lebih kuat dari pada jenis kaca yang lain. Pasalnya, kaca ini melaui proses pemanasan hingga suhu 700 derajat Celcius. Kemudian didinginkan langsung secara merata dengan cara meniup udara pada kedua sisinya. Hal tersebut dilakukan agar terjadi gaya tekan dan tarik, sehingga menghasilkan ketahanan yang tinggi tanpa ada perubahan visual yang signifikan.

2. Tahan pada Semua Jenis Cuaca

Karena ketahanannya yang cukup tinggi, kaca jenis ini biasa digunakan sebagai pintu maupun jendela pada luar ruangan yang langsung terpapar cahaya matahari, hujan, dan tekanan udara. Bahkan, pada saat cuaca ekstrim pun kaca ini akan tetap kokoh dan kuat. Hal tersebut merupakan keuntungan yang bisa didapatkan dari jenis kaca yang satu ini. Selain awet juga dapat memberikan jaminan keamanan lebih maksimal.

3. Tidak Mudah Lecet atau Tergores

Lecet atau goresan pada kaca biasa saja terjadi karena kesalahan yang tidak disengaja, seperti terbentur benda keras atau kasar. Tidak seperti yang lain, kaca jenis ini tidak akan mudah mengalami hal serupa. Sehingga akan tetap terus enak dipandang dan jernih.

4. Bebas Perawatan Rutin

Jika kaca biasa untuk dapat tampil mengkilat, perlu dilakukan perawatan, seperti mengelapnya dengan cairan khusus. Namun berbeda dengan yang lain, kaca ini hampir tidak memerlukan perawatan khusus, sebab tanpa itupun performa yang ada pada kaca akan terus maksimal, awet, dan bebas dari jamur atau masalah lainnya yang dapat mengurangi performa kaca tersebut.

5. Fleksibel di Aplikasikan Pada Berbagai Elemen

Kelebihan lain yang dimiliki kaca ini adalah dapat diaplikasikan pada berbagai elemen. Misalnya, dapat digunakan sebagai pintu tanpa rangka, ataupun sebagai anak tangga. Karena daya tahannya yang sudah tidak diragukan lagi, maka jangan khawatir tentang keamanan saat menggunakan kaca ini. Selain itu, pengaplikasian kaca ini pada elemen yang tepat akan memberikan kesan elegan dan modern.

6. Tersedia Beragam Motif dan Corak

Tidak hanya memiliki efek transparan seperti kaca pada umumnya, kaca jenis ini juga memiliki banyak desain beragam yang dapat dipilih sesuka hati. Mulai dari kaca yang tampak buram maupun berwarna.

Itulah tadi jenis kaca yang sering digunkana pada hunian rumah. Semoga berbagai informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *