Inilah Cara Merawat Tampilan Pintu Aluminium agar Tetap Bagus

Cara Merawat Tampilan Pintu Aluminium

Saat ini banyak bermunculan bahan yang menarik untuk membuat pintu. Jika dulu orang lebih memilih pintu dengan bahan kayu, saat ini banyak juga orang yang sudah tertarik menggunakan bahan aluminium. Pintu aluminium sendiri sangat cocok bila digunakan pada pintu kamar mandi dan daerah yang sering terkena air. Hal tersebut terjadi karena pintu kayu akan cenderung mudah keropos jika terlalu sering terkena air. Meskipun begitu, pintu dengan bahan aluminium juga harus dirawat dengan baik agar lebih awet. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai cara merawat pintu berbahan aluminium agar tetap bagus.

Cara Merawat Pintu Aluminium

Cara Merawat Tampilan Pintu Aluminium

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pintu berbahan aluminium menjadi pilihan karena dinilai lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa leluasa membiarkan pintu aluminium mendapat tugas yang berat. Kamu harus merawat pintu tersebut dengan baik agar nantinya tidak akan ada kendala. Perawatan pada pintu berbahan aluminium tidaklah sesulit pada pintu dengan bahan kayu. Bahkan, perawatan pintu berbahan aluminium akan terasa lebih menyenangkan jika kamu sudah paham dalam merawatnya.

Waktu perawatan pintu dengan bahan aluminium

Untuk menjaga agar pintu tetap terjaga dengan baik, sebaiknya kamu merawatnya secara berkala. Kamu bisa mulai dengan melakukan pembersihan ringan dengan menggunakan lap basah. Lakukan pembersihan tersebut selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Jika kamu telah meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, kamu bisa melakukan pembersihan ketika setelah kembali ke rumah.

Siapkan bahan dan peralatan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyiapkan kain lap dan cairan pembersih. Kamu bisa menggunakan kain lap dengan jenis apa saja. Sementara untuk cairan yang diperlukan, kamu bisa menggunakan cairan pembersih kaca maupun deterjen yang telah dicairkan.

Metode pembersihan

Untuk teknik pembersihan yang dilakukan sebenarnya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih ke arah pintu dan kusen aluminium yang kamu punya. Gosoklah dengan perlahan pada bagian pintu dan kusen sampai kotoran dipastikan bersih. Apabila ada kotoran yang mengganjal, sebaiknya hilangkan dengan bantuan sikat dengan perlahan. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai ada bagian yang tergores.

Permasalahan yang bisa muncul

Salah satu permasalah yang biasanya muncul pada pintu aluminium adalah pintu yang berkarat. Jika karat tersebut dibiarkan, nantinya akan menjadikan pintu keropos dan rusak. Untuk itu, sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin agar tidak akan menemukan permasalahan yang berat seperti karat. Untuk itu, cegah karat tersebut menyebar dengan berbagai cara pembersihan karat. Cari tahu penyebab karat tersebut dan buang bagian karat tadi dengan amplas sampai bersih. Apabila karat tersebut sudah terlalu banyak menyebar, sementara waktu bisa kamu timpa dengan cat. Akan lebih baik lagi jika kamu mengganti dengan pintu yang baru agar pintu tidak hancur.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara merawat pintu dengan bahan aliminium agar tetap bagus. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam menghadapi permasalahan terkait pintu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *