Mengenal Lebih Dekat Bagian-Bagian Sound System

Bagian-Bagian Sound System

Kalau Anda pernah nonton konser atau menyanyi di studio rekaman, tentu tak asing dengan yang namanya sound system atau sistem suara. Fungsinya adalah menghasilkan suara yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan, baik untuk acara konser, hingga suara di bioskop. Dalam penggunaannya, terdapat beberapa bagian yang saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan, apa saja bagiannya?

Bagian Sound System Yang Wajib Anda Ketahui

Secara garis besar terdapat lima bagian utama dari sebuah sistem suara baik versi lama maupun kekinian, pembedanya hanya fitur yang semakin lengkap. Coba kenali satu persatu agar Anda bisa menggunakannya, walaupun hanya untuk kebutuhan sendiri.

1. Kabel Konektor

Bagian ini memiliki tugas sebagai penghubung antar komponen dari sebuah sistem suara, agar masing-masing bisa berfungsi dengan baik. Yang pasti kabel ini akan terhubung pada instalasi listrik.

2. Mixer

Merupakan bagian dengan fungsi mengkolaborasikan berbagai sumber suara dari berbagai jenis input, kemudian menjadikannya sebuah produk suara yang siap didengar melalui perangkat lainnya. Saat ini banyak jenis mixer yang dijual, mulai dari mixer manual yang masih membutuhkan kontribusi manusia dalam kolaborasi suara.

Hingga jenis digital yang biasanya digunakan untuk kegiatan outdoor seperti acara formal di lapangan terbuka, konser, dan sejenisnya. Bagian ini juga menjadi salah satu dengan harga termahal, makin bagus mixer akan mempengaruhi harga sound system.

3. Speaker

Biasa disebut dengan pengeras suara, jadi tugasnya adalah mengeluarkan produk suara yang sudah dihasilkan oleh mixer. Terdapat berbagai pengaturan pada speaker ini, baik itu volume, hingga kehalusan suara yang dihasilkan. Dalam menjalankan tugasnya, speaker akan bekerjasama dengan beberapa bagian lain agar suara yang dihasilkan benar-benar maksimal.

4. Microphone

Merupakan bagian sound system, yang berhubungan dengan input suara. Kalau Anda pernah melihat orang memegang benda bulat panjang yang diletakkan di depan mulut saat bernyanyi, itulah yang dinamakan microphone.

Bagian ini memiliki banyak jenis, bagi berdasarkan fungsi maupun letaknya. Seperti jenis vokal, yang digunakan untuk mengalirkan vokal seseorang ke bagian speaker. Ada juga jenis klip yang letaknya disematkan pada pakaian, untuk membantu seseorang berkomunikasi dan mentransfer suara di depan orang banyak melalui pengeras suara.

5. Amplifier

Bagian ini akan bekerjasama dengan speaker, dalam menghasilkan suara output yang diinginkan. Semakin banyak fitur pada amplifier, akan memudahkan seseorang menghasilkan suara terbaik untuk diperdengarkan melalui pengeras suara.

6. Sound FX

Bagian pendukung dari sebuah sound system, biasa juga disebut efek suara untuk membantu memaksimalkan output suara. Biasanya berupa suara tiruan dari berbagai benda, aktivitas manusia, hingga suara yang ada di lingkungan sekitar. Penggunaannya sangat bergantung pada suara yang ingin dihasilkan.

Misalnya suara adegan perang dalam sebuah pagelaran teater, dibutuhkan sound FX berupa suara tembakan, bom meledak dan pesawat terbang yang hilir mudik. Atau suara tertawa, saat seorang komedian menceritakan hal lucu kepada penonton sebuah acara.

7. Equalizer

Kalau Anda yang biasa berkecimpung di dunia entertainment pasti tahu dengan istilah EQ ini, yang merupakan bagian untuk mengatur frekuensi suara salah satu bagian output. Harga equalizer ini juga sangat mempengaruhi harga sound system, sebab makin banyak fiturnya dan berasal dari merek terkenal seperti Behringer atau DBX akan makin mahal harganya.

Jadi tujuh bagian di atas memang harus ada dalam sebuah sistem suara, bukan saja untuk kebutuhan konser tapi juga kebutuhan entertainment hingga acara formal. Jika tidak ada salah satu, maka output yang dihasilkan pasti tidak akan memuaskan.

 

Dapatkan harga sound system terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *