4 Aplikasi Penataan Ruangan Simetris Dengan Konsep Minimalis

Sebagai manusia, kita terlahir dalam bentuk dan komposisi yang proporsional. Selain itu bentuk-bentuk tubuh yang tercipta selalu dalam keadaan seimbang dan simetri. Karena itu manusia mudah merasa nyaman di tempat yang simetris. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa keseimbangan yang simetri mudah untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

Konsep ini kemudian banyak digunakan dalam hal desain interior rumah. Dengan tujuan memberikan kesan nyaman dan tenang di dalam rumah, keseimbangan simetri sering diterapkan dalam beberapa gaya rumah. Misalnya gaya klasik dan mediteranian. Namun kenyamanan serta ketenangan ini sering kali disalah artikan dengan sifat kaku dan mudah mendatangkan kebosanan. Lain halnya dengan penataan ruang asimetris yang bentuk-bentuk komposisinya lebih bebas, memiliki banyak warna bahkan dari wallpaper dinding murah bisa memberikan unsur asimetris yang tidak kalah keren.

Kendati demikian, konsep penataan ruangan secara simetri masih sering digunakan di sejumlah bangunan. Tidak sebatas di dalam rumah saja, namun bangunan publik pun banyak yang mengadopsi konsep penataan ruang simetri untuk memberikan kesan formal dan elegan seperti kantor dan gedung-gedung pemerintahan. Jika Anda mampu menempatkan komposisi yang pas, maka konsep ruangan simetris tidak akan mendatangkan rasa bosan. Dengan menerapkan warna, penggunaan furniture bahkan wallpaper dinding murah pun bisa menghadirkan konsep ruangan simetris yang menyenangkan.

Konsep Minimalis

Penataan Barang di Ruang Simetris yang Tepat

Agar Anda tidak ragu dalam menggunakan konsep penataan ruangan simetris, Anda bisa mencontoh empat aplikasi penataan ruangan simetris pada gaya minimalis yang banyak diminati. Sebagai ornamen dekorasi Anda bisa manfaatkan curtain atau wallpaper dinding yang apik. Anda bisa menemukannya dengan mudah karena sudah banyak yang jual wallpaper dinding. Berikut ini ulasannya.

1. Jendela

Pada bangunan klasik dan mediteran, jendela sering kali ditonjolkan sebagai unsur simetri. Bahkan sudah bisa terlihat sejak awal melihat suatu rumah atau bangunan. Pada gaya rumah minimalis, hal serupa juga bisa ditemukan. Jendela diletakkan secara simetris namun masih dengan konsep minimalisnya yang kental. Misalnya dengan kaca film yang sedikit gelap disandingkan dengan roller blind atau sheer curtain dengan warna senada cat dinding. Selain terlihat tenang, rumahmu bisa terlihat rapi bahkan sebelum seseorang melihat ke dalam.

2. Pintu

Dalam konsep minimalis, pintu dihadirkan dalam beragam jenis. Ada pintu geser ataupun pintu dorong yang mana keduanya didominasi oleh penggunaan material full kaca dipadukan dengan rangka besi. Hal ini sangat seirama dengan konsep penataan ruangan simetris. Bahkan dengan menggunakan pintu geser konsep minimalis dan simetris bisa menyatu dengan baik. Anda cukup pilihkan warna yang sejalan dengan konsep yang Anda bangun. Seringnya seseorang akan menggunakan warna netral atau warna monokrom.

3. Tangga

Untuk hunian bertingkat penting untuk mengadakan tangga. Dalam beberapa kasus dimana tangga diperlukan untuk dua jalur, maka hal ini sangat sejalan dengan konsep penataan ruangan simetris. Namun perhatikan pula apakah memang menggunakan tangga dua jalur adalah keputusan yang tepat. Jangan sampai malah meninggalkan kesan sempit dan menghancurkan konsep minimalis yang dibangun. Anda bisa mengisi bagian dinding di sepanjang tangga dengan wallpaper dinding. Banyak yang jual wallpaper dinding dengan beragam pilihan warna, motif dan kualitas. Anda bisa mencari berdasarkan kebutuhan Anda.

4. Furniture

Hal yang banyak menentukan dalam konsep penataan ruang simetris adalah perabot atau furniture. Seperti sifa, meja makan, penempatan rak atau bufet sangat menentukan konsep asimetri. Furniture juga perlu diperhatikan bahan, dimensi dan warna agar sesuai dengan tema minimalis yang Anda bangun. Anda bisa menggunakan wallpaper dinding murah dengan motif yang sesuai untuk menambahkan aksen dekoratif dan menghindari kesan bosan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *